• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pemilihan Bentuk Sediaan Pasta Gigi

 on Senin, 06 Juni 2016  

Pasta gigi adalah sediaan dasar berupa masa lembek, umumnya tidak begitu berlemak bagian terbesar dari padatan, digunakan sebagai atau untuk pembuatan sediaan kosmetika untuk berbagai maksud, umumnya untuk sediaan pembersih seperti pasta gigi dan sampo pasta, sediaan masker kecantikan, depilator pasta dan sediaan pelindung seperti sediaan sumba surya dan tabir surya.Dalam artikel ini penulis akan membahas sedikit kosmetik untuk kesehatan mulut yaitu pasta gigi .Zat yang terkandung dalam kosmetik, tidak boleh menggangu kesehatan mulut secara keseluruhan.Hal ini dikarenakan tingkat kesensitifitasan mulut yang cukup tinggi terutama pada gigi yang sering terjadi masalah seperti gigi berlubang atau timbulnya plak pada gigi. Sehingga dalam membuat formulasi untuk sediaan pasta gigi harus diperhatikan benar sifat fisika kimia masing – masing bahan yang digunakan. 
Menurut DOM, Pasta adalah sediaan semi padat dermatologis yang menunjukkan aliran dilatan yang penting. Ketika digunakan, pasta memiliki nilai yield tertentu dan tahan untuk mengalir meningkat dengan meningkatnya gaya pada penggunaan. Pasta biasanya disiapkan dengan menambahkan sejumlah serbuk yang tidak larut yang signifikan (biasanya 20% atau lebih) pada basis salep konvensional sehingga akan merubah aliran plastis dari salep menjadi aliran dilatan. 
Menurut Scoville’s , Pasta terkenal pada daerah dermatologi dan tebal, salep kental dimana pada dasarnya tidak melebur pada suhu tubuh, sehingga membentuk dan menahan lapisan pelindung pada area dimana pasta digunakan.
Menurut Prescription, Pasta terbagi menjadi dua kelas seperti sediaan salep untuk penggunaan luar. Pasta berlemak seperti pasta ZnO dan pasta tidak berlemak mengandung gliserin dengan pektin, gelatin, tragakan dan lain-lain. Pasta biasanya sangat kental atau kaku dan kurang berlemak dibandingkan dengan salep dimana bahan-bahan serbuk seperti pati, ZnO dan kalsium karbonat pada basisnya memiliki bagian yang tinggi.
Sehingga secara umum pasta adalah sediaan semi padat yang mengandung  satu atau lebih bahan obat yang digunakan secara topikal. Biasanya mengandung serbuk sampai 50% hingga pasta lebih kaku dan kental dan kurang berminyak dibandingkan salep. Pasta tidak melebur pada suhu tubuh dan memberi perlindungan berlebih pada daerah dimana pasta digunakan.


Pemilihan Bentuk Sediaan Pasta Gigi 4.5 5 Unknown Senin, 06 Juni 2016 Pasta gigi adalah sediaan dasar berupa masa lembek, umumnya tidak begitu berlemak bagian terbesar dari padatan, digunakan sebagai atau un...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme