• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Percobaan ekstraksi pelarut

 on Selasa, 19 Juli 2016  



PERCOBAAN I
EKSTRAKSI PELARUT
A.     Tujuan    :
Untuk mengeluarkan iod dari bahan larutan air.

B.     Dasar Teori
Selain untuk pemisahan dan pemurnian, cara ekstraksi pelarut dapat digunakan untuk analisis suatu zat. Ekstraksi pelarut terdiri atas sekurang-kurangnya dua macam pelarut yang tidak saling bercampur, dan kedua pelarut ini memiliki daya melarutkan suatu zat yang berbeda. Sebagai contoh, iod sedikit melarut dalam air, akan tetapi melarut dalam CCl4 atau CHCl3, yang keduanya adalah pelarut organik. Oleh karena larutan iod dalam air dan dalam CCl4 atau CHCl3 tidak sama, maka kita dapat mengekstraksi iod dalam air dengan menggunakan CCl4 atau CHCl3.
Pelarut yang baik untuk ekstraksi, harus memiliki daya melarutkan zat terlarut, lebih besar dari pelarut semula. Apakah kelarutan iod dalam CCl4 atau CHCl3 lebih besar dari pada air? Anda perlu buktikan.


C.     Alat dan Bahan :
Alat :                                                                     Bahan :
-        Labu ukur                                                  -     Iod (I2)
-        Gelas ukur                                                 -     Eter
-        Corong pisah                                             -     Aquadest
-        Batang pengaduk
-        Neraca analitik
-        Labu semprot
-        Gelas kimia
-        Labu Erlenmeyer


D.    Cara Kerja
Percobaan I

1.      Timbang 25 mg iod dan suspensikan dalam 25 ml air, kemudian ditimbang dengan 5 ml CCl4 dan kocok sampai terjadi kesetimbangan.
2.      Diamkan larutan tersebut diatas (I) beberapa menit sampai terjadi pemisahan antara CCl4 dengan air.
3.      Pisahkan lapisan CCl4 dengan lapisan air dengan menggunakan corong pemisah. Hitung kuantitas iod yang tinggi dalam larutan air.
4.      Lapisan air yang sudah dipisahkan (3) ditambahkan lagi dengan 5 ml CCl4 yang baru, untuk kedua kalinya, kocompai terjadi kesetimbangan.
5.      Diamkan larutan tersebut (4) beberapa menit sampai terjadi pemisahan antara CCl4 dengan air.
6.      Pisahkan lapisan CCl4dengan lapisan air dengan menggunakan corong pemisah. Hitung kuantitas iod yang tertinggi dalam larutan air.
7.      Lapisan air yang sudah dipisahkan (6) ditambahkan lagi 5 ml CCl4 yang baru, untuk ke tiga kalinya, kocok sampai terjadi kesetimbangan.
8.      Diamkan larutan tersebut (7) beberapa menit sampai terjadi pemisahan antara CCl4 dengan air.
9.      Pisahkan larutan CCl­4 dengan lapisan air dengan menggunakan corong pemisah. Hitung kuantitas iod yang tertinggi dalamlarutan air.

Percobaan II
1.      Timbang 50 mg iod dan suspensikan dengan 25 ml air. Kemudian tambahkan dengan 15 mg CCl4 kocok samapi terjadi kesetimbangan.
2.      Diamkan larutan tersebut beberapa menit sampai terjadi pemisahan antara CCl4 denagn air.
3.      Hitung kuantitas iod yang tertinggi dalam larutan air dan bandingkan dengan hasil yang diperoleh dari percobaan I di atas.

Percobaan ekstraksi pelarut 4.5 5 Unknown Selasa, 19 Juli 2016 PERCOBAAN I EKSTRAKSI PELARUT A.      Tujuan     : Untuk mengeluarkan iod dari bahan larutan air. B.      Dasar Teori Selai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme